Rabu, 03 Desember 2014

Unsur Lagu yang Bagus

Umumnya setiap musisi/band ingin mencurahkan perasaannya melalui bunyi-bunyian yang indah dalam wujud yang biasa disebut sebagai lagu.

Dalam membuat sebuah lagu, si musisi/band akan berusaha untuk :

- mencurahkan perasaannya sepenuh-penuhnya dan seutuh-utuhnya melalui bunyi-bunyian

- mengatur/menata agar bunyi-bunyian yang dibuatnya indah, bagus atau enak didengar.

Dalam proses pembuatan itu dan dengan terciptanya lagu, si musisi/band memperoleh kepuasan atau kesenangan. Orang lain, yang mendengar lagu tsb juga dapat memperoleh kepuasan dan kesenangan.

Tentunya rasa keindahan setiap orang adalah berbeda, tidak ada yang sama, maka lagu yang indah atau bagus buat seseorang, belum tentu indah dan bagus buat orang lain. Oleh karena itu pengertian lagu yang indah atau bagus akan berbeda pula dari orang ke orang. Dengan demikian tidak mudah membuat lagu yang akan dinilai indah atau bagus oleh banyak orang.

Namun demikian ada beberapa unsur yang kira-kira perlu dimiliki sebuah lagu agar lagu itu terasa indah atau bagus. Yaitu :

1. Harmonis

Pengertian harmonis secara sederhana adalah kesesuaian/keseimbangan nada (atau nada-nada) suatu instrument dengan nada (atau nada-nada) instrument lainnya.

Contoh nada yang sesuai/seimbang adalah kord/triad (3 nada/lebih yang dibunyikan secara bersamaan). Tiap kord/triad mempunyai aturan/rumus tersendiri yang membuat nada-nada dalam kord/triad itu bersesuaian/seimbang atau harmonis sehingga enak didengar.

Kemudian nada atau kord/triad yang dimainkan suatu instrument (seperti gitar) juga harus bersesuaian/seimbang dengan nada atau kord/triad yang dimainkan instrument lainnya. Sehingga keseluruhan nada yang ada terdengar bersesuaian/seimbang dan enak didengar.

2. Melodis

Pengertian melodis secara sederhana adalah pergerakan/perubahan tinggi rendahnya nada yang dimainkan dari waktu ke waktu. Suatu lagu yang indah atau bagus umumnya memiliki melodi yang enak didengar.

3. Irama/Ritme

Pengertian irama/ritme secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi-bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar.

4. Suasana/Nuansa

Nuansa kira-kiranya adalah suasana yang terasa dari sebuah lagu. Apakah suasana riang, gembira, sedih ataupun murung dsb.

Macam-macam suasana ini dapat dibangun/dibuat melalui melodi, harmoni, irama dan juga efek suara instrument yang digunakan dalam sebuah lagu. Suasana suatu lagu menimbulkan sensasi perasaan tertentu pada pendengarnya akibatnya membuat suatu lagu terasa indah atau enak didengar.

5. Alunan Emosi

Yang dimaksud alunan emosi adalah tahapan/pergerakan pencurahan emosi dalam sebuah lagu.

Dalam suatu saat dalam sebuah lagu ada emosi yang terkandung entah itu emosi marah, sedih, rindu dsb. Emosi-emosi ini dicurahkan menurut tahapan-tahapan tertentu, misalkan dari mulai dikenalkan, dicurahkan perlahan, meningkat, sampai ke puncak emosi kemudian menurun kembali dsb.

Adanya emosi yang dapat dirasakan ini dapat mempengaruhi apakah suatu lagu akan terasa indah/bagus atau tidak. Lagu yang kandungan emosi didalamnya sulit ditangkap/dirasakan kemungkinan menjadi tidak menarik, dan sebaliknya.

Perpaduan yang pas dari hal-hal diatas turut mempengaruhi indah/bagus atau tidaknya suatu lagu. Dan perpaduan yang demikian itulah yang tidak mudah dibuat.

Tercapainya perpaduan yang paling pas membuat sebuah lagu menjadi indah/bagus. Lagu yang bagus selain enak didengar mempunyai dampak :

- dapat dinikmati, dipahami dan dihayati oleh pendengarnya

- mendorong/merangsang pendengarnya untuk turut bernyanyi, menari, atau terbawa dalam lagu tsb.

Tentunya untuk dapat membuat sebuah lagu yang bagus tidaklah mudah oleh karena itu disarankan agar suatu band melakukan pembinaan diri seperti ditulis di artikel “Membina Band“.

Namun tentu unsur-unsur diatas bukanlah harga mati, bisa saja ada hal-hal lain yang membuat sebuah lagu menjadi indah/bagus. Mudah-mudahan sebagai sebuah gambaran umum, barangkali sudah memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar