Selasa, 23 September 2014

Alat Musik Indonesia

Dimulai pada 2 sampai 3 abad sebelum masehi, yaitu pada saat jaman perunggu mulai masuk ke Indonesia. Titik itulah yang menjadikan perlahan-lahan identitas musik Indonesia mulai tumbuh dan berkembang. Mayoritas musik tradisional dari Indonesia menggunakan gendang dan gong sebagai salah satu instrumen musiknya. Selain itu di Indonesia juga ada sasando (alat musik petik) dari Pulau Rote, angklung, gamelan, dll.


Gamelan
Gamelan umumnya diketahui sebagai alat musik dari Jawa, Bali, dan Lombok. Kedua daerah ini menggunakan gamelan sebagai instrumen musik daerahnya, walaupun demikian sungguh sangat berbeda cara memainkan sehingga menghasilkan nuansa tradisional yang sangat berbeda. Masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Namun sudah banyak pendekatan yang dilakukan oleh musisi-musisi modern Indonesia sehingga gamelan saat ini tidak hanya menjadi alat musik yang hanya mengiringi lagu-lagu daerah, kita bisa melihat di salah satu tayangan TV swasta kita sebuah acara yang diberi judul "Opera Van Java", mereka berhasil menggabungkan unsur tradisional dengan musik modern dengan sangat baik, kita perlu bangga untuk musik Indonesia.

Kecapi dan Suling

Kecapi Suling_Siraman
Kecapi dan Suling (alat musik Indonesia)
Instrumen ini sangat sering digunakan untuk musik-musik tradisional dari Jawa Barat. Kecapi dan suling sungguh sangat melekat dengan budaya Sunda, coba Anda pergi berkunjung ke toko CD dan carilah album musik tradisional dari Sunda. Maka Anda akan merasakan pesona dan keindahan kecapi dan suling  Sunda, ada nuansa magis di dalamnya, nuansa yang akan membawa kita masuk lebih dalam ke dalam lagu secara utuh.

Angklung
Angklung : made in Indonesia!
Angklung, Alat Musik Indonesia
Angklung berkembang di daerah Jawa bagian barat, sama seperti kecapi dan suling. Bahan dasar pembuat angklung adalah bambu dengan kualitas yang baik. Dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan benturan-benturan antar bambu pembentuknya hingga menghasilkan nada-nada yang indah. Angklung menjadi salah satu instrumen musik yang memperkaya musik Indonesia.

Kulintang
AsiaAlive: Kulintang
Kulintang (alat musik Indonesia)
Kulintang berasal dari Indonesia bagian timur dan Filipina. Ini terjadi karena letak geografis yang berdekatan antara Indonesia Timur dengan Filipina. Instrumen musik ini terbuat dari kayu dan perunggu. Di Indonesia kulintang banyak digunakan di Minahasa Sulawesi Utara. Kulintang termasuk alat musik Indonesia berbasis perkusi karena cara menggunakannya adalah dengan cara dipukul-pukul. Satu set kulintang memiliki beberapa jenis karakter (bass, rhythm, dan melody), sehingga menghasilkan sebuah komposisi yang sempurna.

Sasando
Sasando (alat musik Indonesia)
Sasando adalah sebuah alat musik petik dari daerah Pulau Rote, terbuat dari bambu dengan rentangan dawai diantaranya. Menggunakan tabung yang terbuat dari anyaman daun lontar sebagai media resonansinya. Suara yang dihasilkan sungguh sangat unik dan menunjukkan sebuah karakter yang cukup kuat. Sasando menjadi salah satu alat musi Indonesia yang digemari oleh wisatawan asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar