Rabu, 05 November 2014

Musik Jazz

Musik Jazz
Adalah jenis musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan dari permainan tersebut dihasilkan improvisasi-improvisasi.
Ciri-ciri musik jazz secara umum :
a. Bass progresif (walking bass)
b. Ritme menggantung/ patah-patah (syncope)
c. Susunan melodi improvisasi
d. Penggunaan akor dissonant
e. Kebanyakan instrumental (lagu hanya dengan alat musik).
f. Improvisasi relatif bebas
g. Kebanyakan menggunakan alat-alat musik akustik
h. Menggunakan standar teknologi rendah
i. Memiliki tingkat kesulitan harmonisasi akor yang tinggi
j. Teknik pengolahan lagu bervariasi
k. Lagu berdurasi panjang
l. Alat tiup dan piano mendominasi
Sejarah lahirnya musik jazz
Pada dasarnya, musik jazz berasal dari musik blues. Tahun 1861-1865 di Amerika Serikat berkecamuk perang saudara (civil war), antara pihak utara dan pihak selatan. Pihak utara dipimpin oleh Abraham Lincoln menghendaki perbudakan dihapuskan. Pihak selatan yang dipimpin oleh Kolonel Robert E. Lee tentu saja menolak, karena di daerah selatan banyak terdapat kawasan perkebunan yang banyak memperkerjakan budak-budak belian yang terdiri dari kaum Negro.
Demikian juga keadaan dikebun kapas milik orang Perancis yang terdapat di delta sungai Mississipi. Para budak belian yang kerja paksa tersebut dilarang berbicara satu sama lainnya, walau pada saat istirahat sekalipun, tetapi mereka diperkenankan menyanyi atau berpantun. Oleh karenanya pada waktu istirahat mereka bernyanyi dengan pantun sebagai sarana komunikasi dalam mencurahkan kepedihan hatinya. Mereka bernyanyi silih berganti, sementara yang lainnya mengiringi dengan bertepuk tangan atau memukul-mukul kayu dan benda-benda lainnya.

Setahun sekali orang-orang Perancis itu, merayakan hasil panen mereka dengan pesta yang disebut Mardi Grass, yang dimeriahkan oleh marching band. Sehari-harinya orang-orang Perancis sering memainkan musik tradisional yang mereka bawa dari Eropa yaitu musik klasik pada sore atau malam hari.
Pada waktu civil war berlangsung, banyak orang Perancis yang mengungsi dan meninggalkan rumah kediaman mereka beserta isinya. Budak-budak Negro itupun menemukan alat-alat musik yang ditinggalkan tuannya, dan mencoba memainkan instrumen tersebut. Para budak Negro tersebut meniru cara tuannya memainkan instrumen tersebut apa adanya dan asal bunyi saja.
Tanggal 9 April 1865, Kolonel Lee menandatangani perjanjian. Pihak selatan kalah dan perbudakan dihapuskan. Selanjutnya pada pesta Mardi grass, para Negro itu menari dan bernyanyi-nyanyi sepanjang jalan di New Orleans. Gaya nyanyian mereka kemudian disebut sebagai gaya New Orleans atau Blues.
Dengan berakhirnya civil war dan perang Amerika-Spanyol, banyak alat-alat marching band milik militer yang diperjual-belikan di took-toko loak (bekas). Para Negro itupun banyak yang membelinya, mereka memainkan alat-alat musik tersebut untuk mengiringi gaya menyanyi New Orleans ataupun instrumental. Itulah peristiwa yang disebut sebagai lahirnya atau asal mula musik Blues yang juga dikatakan sebagai lahirnya musik Jazz.
Blues sendiri berasal dari kata blue artinya sedih. Berdasarkan moment historal inilah maka dikatakan bahwa jazz adalah manifestasi tangis kesedihan kaum Negro yang mendambakan pembebasan dirinya dari perbudakan.


Tokoh-tokoh musik Jazz
a. Louis Amstrong
Penyanyi, trompetis, dan pencipta lagu dengan julukan Scathmo. Dikenal karena teorinya tentang syncopation dan suara seraknya. Salah satu karyanya adalah Hello Dolly.
b. Paul whiteman
Dirigen dan arranger Amerika yang lahir pada akhir abad ke-19. Ia banyak menggarap ilustrasi film. Salah satu karya yang penting adalah Rhapsody in blue dari karya Gershwin yang terkenal.

c. Duke Ellington
Pemimpin orkes, aransir, pencipta, dan pianis yang merupakan tokoh besar jazz Negro-Amerika. Lahir di Washington 1899 dan wafat di New York 1974. Karya-karyanya yang popular dan menjadi lagu standar jazz, misalnya sophisticated lady, Mondigo, Solitude dan yang lain Such Sweet Thunder.
d. Chris Barber
Pemimpin band, pemain trombone, dam pencipta lagu. Ia termasuk pemusik jazz paling baik dari Inggris pada dasawarsa 50-60 an. Album jazz-nya yang terkenal antara lain Collaboration.
e. Charlie Parker
f. Miles davis
g. Ornette coleman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar