Rabu, 12 November 2014

Musik POP

Musik ini identik dengan Band, yaitu kesatuan musik yang terdiri dari 4 hingga 8 orang yang membawakan lagu jenis pop dengan cirri dan gaya tersendiri yang mengutamakan beat (gerak irama), emosi dan hot.
Instrumen yang dipergunakan dalam band, tidak ditentukan jenisnya, namun pada umumnya satu perangkat alat musik terdiri dari : gitar (melodi,rhytm), gitar bass, organ/keyboard, drum serta tambahan saxophone, trompet, dll. Sehingga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Kebanyakan grup band ternama beserta orang-orang top, sebagian besar di dominasi oleh negara Inggris seperti The Beatles dan Bee Gees (Australia).

a. The Beatles
Berdiri di Liverpool Inggris, yang beranggotakan John Lennon (Lead vokal, pencipta lagu, piano, dan gitar ), Paul McCartney (gitar, piano, fuzz, vokal), George Harrison (Lead gitar, sitar ) dan Ringo starr (drum, vokal). Pengaruh musik Beatles sangat besar sekali ke penjuru dunia, banyak band bermunculan yang berkiblat padanya, baik dari segi musikalitas maupun gayanya. Lagu-lagunya banyak digemari, antara lain : I saw you standing there, Hey jude, Imagine, dll.

b. Bee Gees
Band Australia dari periode rock akhir dasawarsa 1960-an, yang disebut-sebut sebagai pelopor sweet sound rock. Personilnya Barry Gibb (vokal), Maurice Gibb (bass), Robin Gibb (vokal, piano), Vince Melanoey (gitar), dan Colin Peterson (drum).
Bentuk musiknya banyak merangsang pemusik Indonesia, seperti : Koes Plus, Pan Bers, dan The Mercy’s. Lagu-lagunya yang hits antara lain : I star a joke, words, dll.

c. Air Supply, ABBA, dll


Tidak ada komentar:

Posting Komentar