Rabu, 05 November 2014

Musik Rock

Musik Rock
Adalah aliran musik dalam bentuk komposis melodi maupun harmoni penuh denga improvisasi dissonant (tidak enak didengar) yang memekakkan telinga.


Ciri-ciri musik Rock :
a. Dibawakan oleh anak-anak muda dengan penuh emosi yang berkobar-kobar, sehingga bernyanyi sambil menjeri-jerit, berjingkrak-jingkrak sebebas mungkin.
b. Menggunakan alat-alat elektrik (listrik) dan sound yang tajam (sangar).
c. Syair/ lirik biasanya anti kemapanan dan protes social
d. Berpakaian (kostum) apa adanya.
e. Vokal mendapat bagian yang banyak
f. Musik sudah diaransemen terlebih dahulu
g. Mengikuti standar yaitu selalu sesuai dengan perkembangan teknologi
h. Standar gramatik musik konserfatif berorientasi pada blues, harmoni-harmoni dasar, mayor-minor, diatonis, kadang-kadang ada unsure pentatonic
i. Teknik pengolahan biasanya bentuk lagu pendek
Aliran-aliran dalam musik rock adalah progressive rock, alternative rock, punk, heavy metal, hard rock, garage rock, rock n roll.
Di awal kemunculannya (dasawarsa 1950-an) sangat dirisaukan oleh pihak kaum tua. Namun musik ini justru disenangi oleh kaum muda karena dianggap sebagai musik yang diharapkan memberi kebebasan gerak, sekaligus alat ekspresi diri, yang memberi pernyataan disertai pelepasan diri atas kungkungan yang berlaku.
Tokoh-tokoh musik Rock yang popular :
a. Queen
Kelompok band yang palinh popular dan hebat di awal dasawarsa 1970-an. Beranggotakan Freddie Mercury (vokal), Brian May (gitar), Roger Taylor (bass), dan John Deacon (drum). Berhasil memadukan unsure klasik yang menghasilkan musik rock paling mewah dari musik yang ada pada saat inipun.
Lagu-lagunya yang sangat popular diantaranya : Queen, Bohemian Rhapsody, We are the Champion, dll.
b. Rolling Stone
Kelompok Band paling tangguh sejak tahun 1964, terdiri dari Mick Jagger (vokal, harmonica), Keith Richard (gitar utama, vokal), Brian Jones (gitar, harmonica, sitar), Bill wyman (bass), dan Charlie Watts (drum).
c. Scorpions, Emerson Lake Palmer, Deff Leppard, Deep Purple, Focus, Led Zeppelin, Radio Head, Montley Crue, Nazareth, White Lion, fire House, Jon bon Jovi, Mr. Big, Faith No More, guns N Roses, Poison, White Snake, Iron Maiden, Van Hallen, Aerosmith, Mettalica, Spultura, Nirvana, Linkin Park, dll.
d. Fats Antoine Domino
Adalah penemu dari musik rock n roll yang saat itu secara tidak sengaja bermain di atas piano untuk gaya yang sdaat itu disebut honky tonk piano.
Pianis, penyanyi dan pencipta lagu ini lahir, lahir di New Orleans 1928.
e. Elvis Presley
Penyanyi, gitaris, pencipta lagu, dan aktor, lahir di Tupello, Mississipi, 8 Januari 1935. Julukannya The King of Rock n Roll. Salah satu cirri yang membuat publik menyukainya adalah suaranya yang mirip orang kedinginan, selain wajahnya yang cakep, rambut serta pakaiannya yang khas, membuata banyak fans wanita menggilainya. Lagu perdananya yang cukup digandrungi adalah Heart Break Hotel. Lagu-lagunya lainnya antara lain : Love me tender, I feel so good, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar